Aksi Bela Islam 3: Antara Makar dan Ishlah

Tudingan makar terhadap Aksi Bela Islam 3 di 212, menyusul ditangkapnya 10 orang aktivis dengan tuduhan yang sama, tepat sebelum aksi dilakukan, menimbulkan pertanyaan besar. Apa yang dimaksud makar?? Benarkah mereka berencana melakukan Makar?? Bagaimana pandangan Islam tentang makar??
Tulisan dari ustadz Ahmad Syafiul Anam bisa memberikan kita pencerahan terkait dengan istilah ini.
Berikut tulisan lengkapnya yang dikutip dari tulisan asli beliau di group Whatsapp.

ANTARA MAKAR DAN ISHLAH
by: AHMAD SYAFIUL ANAM EL GROBOGANY

๐Ÿ€ Istilah yang saat ini sedang ramai dibicarakan saat ini adalah istilah makar. Ketika umat Islam akan mengadakan demo damai Jum'at 2 Desember 2016/ 2 Rabiul Awwal 1438, aksi yang kemudian sering disebut dengan 212 itu oleh Kapolri diindikasikan adanya kelompok yang mendukung untuk melakukan makar. Hal ini menimbulkan pro kontra yang sengit baik di dunia nyata maupun di dunia maya ( medsos ).

๐Ÿ€ Dari sinilah kemudian timbul sebuah pertanyaan tentang maksud dari makar itu sendiri.

๐Ÿ€ Makar secara bahasa berasal dari kata

ู…ูƒุฑ - ูŠู…ูƒุฑ - ู…ูƒุฑุง

Yang berarti tipu daya.
Istilah makar ini kemudian sering diartikan upaya untuk menggulingkan pemerintah/ kedaulatan yang sah. Tentu terminologi tersebut tidak sepenuhnya salah tapi juga tidak sepenuhnya benar. Kita perlu mendudukkan pengertian tersebut dalam posisi yang tepat dan adil.

๐Ÿ€ Ada beberapa ayat dalam Al Qur'an yang memiliki kaitan dengan kata 'makar' sebagaimana berikut ini :

1) ูˆุฅุฐ ูŠู…ูƒุฑ ุจูƒ ุงู„ุฐูŠู† ูƒูุฑูˆุง ู„ูŠุซุจุชูˆูƒ ุฃูˆ ูŠู‚ุชู„ูˆูƒ ุฃูˆ ูŠุฎุฑุฌูˆูƒ  ูˆูŠู…ูƒุฑูˆู† ูˆูŠู…ูƒุฑ ุงู„ู„ู‡  ูˆุงู„ู„ู‡ ุฎูŠุฑ ุงู„ู…ุงูƒุฑูŠู†
( ุงู„ุฃู†ูุงู„ :ูฃู )

Artinya : Dan ingatlah ketika orang-orang kafir itu melakukan makar untuk mengikatmu, membunuhmu atau mengusirmu. Mereka berbuat makar dan Allah dzat sebaik2 yang membalas ( makar mereka ) . ( QS AL ANFAL : 30 ).

2) ูˆู…ูƒุฑูˆุง ูˆู…ูƒุฑ ุงู„ู„ู‡ ูˆุงู„ู„ู‡ ุฎูŠุฑ ุงู„ู…ุงูƒุฑูŠู†

Artinya: Dan mereka melakukan makar ( tipu daya ) dan Allah (juga) melakukan makar dan Dia Dzat sebaik2 yang melakukan makar ( tipu daya ) . ( QS ALI IMRAN : 54 ).

๐Ÿ€ Dalam memahami kedua ayat diatas sering terjadi kutub yang sama-sama ekstrem dalam memahami ayat tersebut.
Kelompok pertama; Yang mengambil kesimpulan bahwa semua makar itu perbuatan yang tidak dibenarkan secara mutlak. Pada akhirnya mereka menyimpulkan setiap perbuatan yang tidak mereka sukai dianggap makar.

Kelompok kedua: membolehkan makar secara mutlak karena kedua ayat tersebut menisbatkan lafadz "MAKAR" kepada Allah. Semestinya dalam memahami ayat kita harus faham dengan uslub bahasa Arab karena Al Qur'an menggunakan bahasa Arab. Dalam beberapa ayat dalam Al Qur'an kita menemukan ayat-ayat yang secara dzohir sepertinya menunjukkan Allah melakukan perbuatan seperti yang dilakukan orang durjana.
Coba baca ayat berikut :

ุงู„ู„ู‡ ูŠุณุชู‡ุฒุฆ ุจู‡ู… ูˆูŠู…ุฏู‡ู… ููŠ ุทุบูŠุงู†ู‡ู… ูŠุนู…ู‡ูˆู† ( ุงู„ุจู‚ุฑุฉ : ูกูฅ)

ูˆูŠู…ูƒุฑูˆู† ูˆูŠู…ูƒุฑ ุงู„ู„ู‡ ( ุขู„ ุนู…ุฑุงู† : ูฅูค)

ุงู† ุงู„ู…ู†ุงูู‚ูŠู† ูŠุฎุงุฏุนูˆู† ุงู„ู„ู‡ ูˆู‡ูˆ ุฎุงุฏุนู‡ู… ( ุงู„ู†ุณุงุก : ูกูคูข)

Dalam Al Baqarah : 15 seakan Allah berbuat olok-olok, dalam Ali Imran: 54 sepertinya Allah suka berbuat makar sedang dalam An Nisa: 142 sepertinya Allah menipu orang-orang munafik. Pemahaman ini sangat bertentangan dengan sifat kesempurnaan Allah. Pemahaman yang lebih mendekati adalah Allah membalas olok-olok , makar dan tipuan mereka.

๐Ÿ€ Menurut penulis jika makar diartikan dengan peristiwa penggulingan seseorang dari kekuasaan yang sah maka hal ini menimbulkan pemaknaan yang membingungkan karena hal ini akan menganggap semua pergantian kekuasaan sebagai makar.
Jika kita menggunakan logika ini maka banyak peristiwa makar dalam sejarah. Contoh:
1) Ketika Daud mengalahkan Jalut maka dianggap makar
2) Ketika Muhammad Shallallahu alaihi wasallan melakukan fathu makkah maka di cap makar.
3) ketika mengambul khilafah dari Ali dalam proses tahkim maka dianggap makar.
4) Ketika bani Umayyah runtuh dan diganti bani Abbasiyyah maka dianggap makar
5) Ketika Muhammad Al Fatih menaklukkan konstantinopel maka disebut makar.
6) Ketika Amr bin Ash merebut Palestina maka dituduh makar.
7) Ketika Saad bin Abi Waqqash menundukkan Qadisiyyah maka dianggap makar.
8) Ketika shalahuddin al ayyubi merebut baitul maqdis dari kaum salibis dalam perang hiththin maka dilaqabi makar.
9) ketika Bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaan 17 Agustus 1945 oleh Sukarno dan Muhammad Hatta maka hal itu juga makar
10) Ketika kekuatan massa berhasil menggulingkan Suharto dalam gelombang reformasi 1998 maka ini adalah makar.

Tentu kesimpulan diatas sangat tidak masuk akal. Itu artinya pengertian tentang makar jangan digeneralisir untuk kepentingan sesaat.

๐Ÿ€ Menurut saya ada perbedaan mendasar antara " makar yang biadab " dengan " makar yang beradab ".. Makar yang beradab saya menggunakan istilah " reformasi" atau dalam bahasa lain " ishlah".

๐Ÿ€ Makar ini istilah yang sering digunakan seseorang atau kelompok untuk menekan lawan politiknya.

Makar secara umum memang memiliki ciri :
1) niat menggulingkan kekuasaan
2) cara yang digunakan dgn kekerasan dan murni untuk menyebarkan faham jahat dan sesat
3) membuat kerusakan yang nyata dalam kehidupan

๐Ÿ€ Sementara ishlah itu memiliki karakteristik :
1) Dilakukan dengan cara damai
2) ikut membantu negara dalam menegakkan keadilan sosial
3) ikut menjaga kedamaian dan stabilitas negara
4) menjaga kehormatan Islam, Al Qur'an dan kaum muslimin.
5) Dalam melakukan aktifitas selalu dilandasi semangat mengabdi/menyembah kepada Allah SWT.

ู‚ู„ ุฅู† ุตู„ุงุชูŠ ูˆู†ุณูƒูŠ ูˆู…ุญูŠุงูŠ ูˆู…ู…ุงุชูŠ ู„ู„ู‡ ุฑุจ ุงู„ุนุงู„ู…ูŠู†

Artinya : Katakanlah sesungguhnya shalatku, sembelihanku, hidup dan matiku untuk Allah Tuhan Semesta Alam ( QS AL AN'AM : 162).

๐Ÿ€ Dalam ajaran Islam tidak ada segala hal yang kekal di dunia ini. Semua akan hancur dan sirna . kecantikan, harta melimpah, gelar akademis mentereng, pangkat dan jabatan atau lainnya pasti akan sirna. Pada akhirnya hanya Allah Dzat Yang Kekal.

๐Ÿ€ Pangkat dan jabatan pada akhirnya juga akan ditinggalkan manusia cepat atau lambat akan terjadi. BARANG SIAPA MENJADIKAN PANGKAT DAN JABATAN SEGALA-GALANYA MAKA DI MATA ALLAH IA KELAK TIDAK ADA HARGANYA.
tidak sepantasnya seseorang takut kehilangan jabatan, karena bergantung kepada hal fana' sungguh memalukan.

๐Ÿ€ Bagi mereka yang takut jabatannya dimakari, dicakari atau dilempari saya ingin berwasiat 2 hal untuk anda :
1) Bertaubatlah anda dan beristighfarlah.
2) Baca dan tadabburilah ayat ini!

ู‚ู„ ุงู„ู„ู‡ู… ู…ุงู„ูƒ ุงู„ู…ู„ูƒ ุชุคุชูŠ ุงู„ู…ู„ูƒ ู…ู† ุชุดุงุก ูˆุชู†ุฒุน ุงู„ู…ู„ูƒ ู…ู…ู† ุชุดุงุก  ูˆุชุนุฒ ู…ู† ุชุดุงุก ูˆุชุฐู„ ู…ู† ุชุดุงุก ุจูŠุฏูƒ ุงู„ุฎูŠุฑ ุฅู†ูƒ ุนู„ู‰ ูƒู„ ุดูŠุฆ ู‚ุฏูŠุฑ

Artinya : Katakanlah "Wahai Allah Dzat yang memiliki kekuasaan, Engkau berikan kekuasaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kekuasaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Dalam kekuasaan-Mu segala kebaikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu ( QS ALI IMRAN :26 ).

๐Ÿ€ Di akhir tulisan ini, saya sampaikan kepada ikhwah kaum muslimin yang berjuang dalam AKSI BELA ISLAM III hari JUM'AT LEGI, 2 RABIUL AWWAL 1438/ 2 DESEMBER 2016. Aksi yang dikenal dengan 212 itu akan dikenang dalam sejarah sebagai AKSI SUPER DAMAI terbesar dalam sejarah.
Semoga Allah tinggikan derajat para mujahidin konstitusi 212. Bagi yang udzur belum bisa melakukan aksi damai dan hatinya sangat ingin berangkat semoga Allah berikan pahala kepada mereka seperti mereka yang berangkat ke jakarta.

๐Ÿ€Salam damai. Semoga Islam selalu jaya sampai kapanpun. Itu hanya bisa diraih jika ummat ini bersatu dalam tauhid dan ukhuwwah. AKSI BELA ISLAM III semoga jadi momentum terbaik. JANGAN DILEWATKAN !


0 comments:

Post a Comment